News

PDIP Masuk Kabinet Prabowo? Begini Kata Gibran

Gibran Rakabuming. 
Gibran Rakabuming.

REPUBLIKA NETWORK, SEKITARKALTIM – PDIP disebut-sebut bakal bergabung di Pemerintahan Prabowo-Gibran. Bahkan, sejumlah kadernya akan menempati kursi kabinet bersama Koalisi Indonesia Maju.

Menanggapi hal itu, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka memberi komentar terkait wacana masuknya PDIP di kabinet.

Gibran bilang, ia menyerahkan semua putusan ke presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Ya sekalian lagi untuk susunan kabinet kita serahkan ke pak presiden terpilih," kata Gibran ketika ditanya soal isu PDIP gabung kabinet, Sabtu (12/10/2024).

Kata Gibran, siapa saja yang akan bergabung di kabinet kedepan sudah dipertimbangkan secara matang oleh Prabowo. Ia juga mengatakan menghormati keputusan Prabowo terkait kabinet.

"Saya yakin beliau sudah menimbang dengan matang, siapa-siapa yang akan masuk dan sekali lagi keputusan ada di pak presiden terpilih kita menghormati keputusan beliau kita loyal ke beliau," katanya.

Mantan wali kota Solo tersebut yakin Prabowo telah memilih orang terbaik untuk menempati posisi menteri. "Saya yakin nanti akan dipilih orang orang terbaik untuk menempati posisi posisi itu," katanya.

Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengatakan bahwa proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon menteri untuk pemerintahannya mendatang sudah berjalan lama.

"Sebenarnya prosesnya sudah berjalan lama. Pimpinan-pimpinan partai koalisi mengajukan nama-nama yang akan kami pelajari," kata Prabowo ketika ditemui di kediaman pribadinya Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat.

Selain memantau, Prabowo juga telah sering mendiskusikan kapabilitas nama-nama calon menteri yang diusulkan bersama timnya. Ia mengatakan dari nama-nama calon menteri yang telah diterima, ada banyak sosok yang dikenal memiliki kapabilitas lebih.

"Saya harus akui, yang diajukan banyak sekali yang sangat bagus, sangat kapabel, dan juga sebagian (nama) sudah lama kita pantau," ucapnya.

Sebelumnya Gibran Rakabuming Raka juga mengatakan Jokowi ikut memberi masukan untuk kabinet di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Republika

Berita Terkait

Image

Wapres Yai Maruf Bantah Isu Belasan Menteri Mundur

Image

Pemprov Kaltim dan Pemerintah Samarinda Tukar Aset

Image

Ribuan Surat Suara di Balikpapan dan Samarinda Rusak

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sekitarkaltim.ID -