Pemprov Kaltim dan Pemerintah Samarinda Tukar Aset

News  
Stadion Palaran Samarinda. (dok. Pemprov)

SEKITARKALTIM, REPUBLIKA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun mendukung rencana Pemprov Kaltim melakukan pembenahan Stadion Palaran di Samarinda.

Renovasi itu dilakukan untuk kepentingan bersama, terutama meningkatkan kualitas stadion agar laik menjadi markas Borneo FC.

Menurutnya meski ada kendala status kepemilikan lahan, pihaknya secara konsisten akan terus mendukungnya. “Bahkan kami siap menghibahkan tanahnya," jelas Andi Harun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ia mengaku telah mempertimbangkan rencana opsi tukar aset dengan Pemprov Kaltim.

Apalagi selama ini ada sebagian lahan milik Pemkot Samarinda yang dimanfaatkan Pemprov Kaltim, semisal Stadion Palaran, belasan SMA, dan Rumah Jabatan Wakil Gubernur Kaltim.

"Ada sebagian tanah milik Pemkot yang dimanfaatkan fungsinya oleh provinsi. Begitu juga lahan Pemprov yang dikelola Pemkot seperti GOR Segiri dan lainnya," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Andi Harun, sudah ada pembicaraan lisan bersama dengan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, ihwal opsi tukar aset tersebut.

Setelah melalui pembicaraan panjang, kedua belah pihak sepakat bertukar aset, termasuk Stadion Palaran, GOR Segiri, dan aset lainnya.

"Tapi poin pentingnya, saya dan Pak Pj telah bersepakat,” tegasnya. Termasuk persoalan pembebasan lahan di RS Islam.

Stadion Palaran, bangunan yang dimiliki Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, namun berdiri di atas lahan milik Pemerintah Samarinda, akan segera direnovasi dan menjadi markas Borneo FC.

Untuk mewujudkan kesepakatan tukar aset itu, Andi Harun mengerahkan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Samarinda untuk melakukan pelbagai tahapan administrasi bersama dengan Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik.

Namun, sebelum itu perlu melewati proses appraisal melalui KPKNL atau Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang atau Kantor Jasa Penilai Publik.

“Setelah nilainya ditetapkan, barulah kita bisa membahas hibah," paparnya.

Mila

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sekitarkaltim.ID -

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image