Bontang Diminta Kembangkan Wisata Berbasis Lingkungan

Regional  
Kota Bontang Kaltim. (dok. Pemkot)

KALTIMTARA, REPUBLIKA - Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik berharap agar Kota Bontang bisa fokus mengembangkan wisata berbasis lingkungan. Ia mengapresiasi langkah Pemerintah Bontang yang telah menggandeng Masyarakat Sadar Wisata, Masata.

“Fokus diskusi tentang isu pengembangan wisata berbasis lingkungan,” ujarnya. Apalagi, menurut Akmal, letak Bontang cukup jauh baik dari Samarinda dan Balikpapan.

“Jadi ada obyek wisata yang menarik minat berwisata ke Kota Taman. Karena itu, dibutuhkan kolaborasi dengan komunitas seperti Masata yang militan mengembangkan pariwisata,” saran Akmal, dinukil dari laman Pemprov, Selasa (12/12/2023). Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Kerja Nasional Masyarakat Sadar Wisata di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Kalau cuma mengandalkan modal, saya yakin tidak akan jalan,” imbuhnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam sambutan via daring berpesan, pentingnya membangun pariwisata inklusif. Sehingga setiap orang tanpa memandang latar belakangnya dapat menikmati keindahan dan keunikan destinasi wisata.

“Keberlanjutan itu pondasi utama merancang masa depan pariwisata,” ujar Sandiaga.

Selain itu, keberlanjutan menjadi investasi jangka panjang, sehingga semua dapat menikmati kekayaan wisata yang dilestarikan.

Ia meyakini, dengan membangun pariwisata inklusif melalui sinergi dan kolaborasi akan menghasilkan gerakan yang lebih baik lagi. “Pasti akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan bangsa,” kata Sandiaga Uno.

Wakil Wali Kota Bontang Najirah mengajak para peserta memanfaatkan waktu selama di Bontang dengan mengunjungi objek wisata di kota bersemboyan Kota Taman.

“Karena salah satu program Bontang adalah peningkatan sektor pariwisata,” paparnya.

Najirah juga mengaku senang dengan kehadiran Pj Gubernur Akmal yang ketiga kalinya di Bontang. Ia menilai Pemerintah Kaltim mendukung Bontang terkait pariwisata dan pengembangan UMKM.

“Pak Pj Gubernur di berbagai kesempatan selalu mempromosikan kota Bontang,” katanya.

Editor: Aris Darmawan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sekitarkaltim.ID -

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image