Kutai Barat Kucurkan Rp 18,6 Miliar untuk Beasiswa

News  
Kantor pemerintahan Kubar. (dok. Pemprov)

Kaltimtara, Republika – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, memberi bantuan kepada pelajar berprestasi dan kurang mampu di pelbagai tingkatan pendidikan yang ada di Tanaa Purai Ngeriman, julukan Kubar.

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk tahun ini, pemerintah setempat mengucurkan beasiswa sebesar Rp18,6 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023. Hal itu diutarakan Kepala Disdikbud Kubar, Bandarsyah melalui Kabid Pembinaan Ketenagaan Fachrujiansyah Bachsan, Selasa (21/11/2023).

Terkait kouta, menurut Bachsan, belasan miliar itu akan diberikan dalam bentuk beasiswa kepada sekitar 1.330 pelajar. Mulai siswa SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Distribusinya sudah dimulai dengan target penyelesaian tahun ini,” ujarnya.

Beasiswa tersebut, lanjutnya, tidak hanya mendukung pendidikan dasar dan menengah tapi juga membuka peluang bagi sejumlah mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di Yogyakarta dan Jakarta.

Adapun untuk tahun depan, Pemerintah Kubar belum memastikannya.

Namun, sambungnya, meski anggaran tahun 2024 belum dipastikan, Pemkab Kutai Barat berkomitmen untuk tetap mengalokasikan dana beasiswa.

“Anggarannya mungkin lebih rendah, namun keputusan final akan diumumkan di pertemuan Bappeda Kutai Barat bagian penganggaran pada 23 November," ujarnya.

Ia menambahkan, selain beasiswa, sekitar Rp 17 miliar dialokasikan untuk 49 paket tender Pendidikan Anak Usia Dini dan proyek peningkatan fasilitas fisik di 62 sekolah dasar. Dana proyek berasal dari APBD Murni, APBD Perubahan dan Dana Alokasi Khusus dari pusat.

Editor: Rudi Agung

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sekitarkaltim.ID -

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image