Tahun Depan Balikpapan Pasang Ratusan Rambu Lalu Lintas

News  
Rambu lalu lintas di perempatan Muara Rapak, Balikpapan Utara.

Kaltimtara, Republika – Tahun depan, Pemerintah Balikpapan berencana memasang ratusan rambu lalu lintas. Pemasangan ini untuk memenuhi kekurangan dan mengganti rambu yang rusak akibat ditabrak kendaraan dan dampak perusakan dari aksi vandalisme.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra, menjelaskan rencananya tahun 2024 pihaknya bakal memasang 200 rambu lalu lintas.

"Rambu lalu lintas ini untuk seluruh rambu petunjuk dan larangan," ujar Adwar, Senin (20/11/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ia mengatakan dari jumlah 200 rambu, sekitar 100 unit berasal dari pengadaan rambu lalu lintas tahun 2022. Selanjutnya tahun 2023 sebanyak 85 rambu.

Menurutnya, penambahan rambu lalu lintas itu akan dilakukan usai dituntaskannya penataan kawasan Jalan Tjutjup Suparna, Balikpapan Baru sebagai Kawasan Tertib Lalu Lintas aka KTL.

"Untuk mendukung KTL, maka Jalan Tjutjup Suparna dan Jenderal Sudirman akan diutamakan untuk penambahan rambu-rambu lalu lintas ini," ujarnya.

Pihaknya juga berencana melakukan penataan Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) di kawasan Jalan Tjutjup Suparna. Selain itu, Dishub Balikpapan merapikan rambu-rambu lalu lintas yang mulai banyak tertutup dahan pohon.

"Kami juga rapikan rambu lalu lintas yang tertutup pohon agar bisa lebih jelas dilihat pengendara," terang Adward. Selain itu, sambungnya, secara bertahap pihaknya akan memasang tiang artistik di sejumlah kawasan kota ini. Tujuannya, agar Balikpapan menjadi kawasan yang semakin estetik.

Pemasangan tiang artistik itu seiring dengan pemasangan Penerangan Jalan Umum atau PJU di sejumlah titik di Kota Balikpapan. Titik yang direncakanan, antara lain, di kawasan Jembatan Manggar, Jalan Mulawarman, Kelurahan Manggar, dan lainnya.

“Dari pemasangan itu jembatan bakal menjadi terang terang benderang. Di kawasan lain, kami pasang juga tiang artistik seperti di Jalan Jenderal Sudirman yang memiliki ornamen,” jelasnya.

Ihwal anggaran pemasangan tiang artistik, menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2023. “Melalui APBD P 2023, kami juga mengakomodir usulan pemasangan PJU yang belum terakomodir di APBD murni,” jelasnya.

Adwar menjelaskan, Dishub Balikpapan juga akan melakukan pemasangan PJUTS alias PJU bertenaga Sel Surya atau Solar Cell untuk beberapa wilayah di Kota Balikpapan. Saat ini pihaknya tengah melakukan pemasangan sebanyak 146 unit untuk PJUTS di sejumlah kawasan.

“Untuk tiang lama akan kami cabut, diharapkan rampung tahun ini,” ujarnya. Phaknya mematok target pemasangan total tahun 2023 sebanyak 1.725 titik.

Editor: Eko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sekitarkaltim.ID -

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image