Madinatul Iman, Masjid Nabawi di Selatan Balikpapan

Regional  
Masjid Madinatul Iman atau Islamic Center Balikpapan. 
Masjid Madinatul Iman atau Islamic Center Balikpapan.

Kaltimtara, Republika – Masjid Madinatul Iman, yang kini dikenal sebagai Balikpapan Islamic Centre, dibangun dengan konsep menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini diresmikan mantan walikota Rizal Effendi, saat hari jadi Kota Balikpapan ke-120, atau 10 Februari 2017 silam.

Pembangunan area BIC mulai terlaksana sejak tahun 2014, yang disiapkan untuk menampung puluhan ribu jamaah. Masjid Madinatul Iman berdiri di atas lahan seluas 150.000 meter persegi, dengan luas bangunan 85.000 meter dan mampu menampung lebih dari 10 ribu jamaah.

Desain yang serupa dengan Masjid Nabawi bisa dilihat dari mihrab Masjid Madinatul Iman dan mimbar Rasulullah. Yang diharapkan para jamaah akan memiliki kesan beribadah serasa di Madinah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Begitu pula kubah masjid dan payung-payung teduh yang mirip dengan yang ada di Masjid Nabawi. Keberadaan kubah dan payung teduh dimaksudkan sebagai simbol syiar Islam di Balikpapan, yang membawa pesan Islam sebagai pelindung umat manusia, pencipta kedamaian rahmatan lil alamin.

Payung teduh di masjid seluas 14 hektare ini berjumlah enam buah, sebagai simbol rukun iman yang dalam Islam juga berjumlah enam rukun.

Masjid yang dalam pembangunannya menyedot anggaran mencapai Rp 329 miliar ini terletak di Jl. Belibis, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

Ruang dalam Masjid Madinatul Iman, Balikpapan. 
Ruang dalam Masjid Madinatul Iman, Balikpapan.

Meski telah rampung pembangunannya sejak Agustus 2016 lalu, masjid berkapasitas hingga 10.000 jamaah ini memang masih harus menjalani serangkaian perbaikan dan penambahan beberapa infrastruktur pendukung.

Ke depan akan dibangun fasilitas penunjang seperti, gedung serbaguna, gedung pendidikan, rumah imam dan rumah penjaga masjid.

Editor: Aris Darmawan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sekitarkaltim.ID -

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image